Berita Utama

PRODI PAI MELAKSANAKAN MUNAQOSYAH MAHASISWA INTERNASIONAL

UIN Salatiga – Prodi Pendidikan Agama Islam (PAI) Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan UIN Salatiga Melaksanakan Munaqosyah Mahasiswa Internasional Selasa 25/6/2024.

Nunyawa Thippayarungroch (Najwa) seorang mahasiswi berasal dari Thailand dapat menyelesaikan kuliah dengan baik. Pada saat melaksanakan sidang munaqoysah, Najwa panggilan akrabnya mengambil penelitian berjudul “Strategi Pengelolaan Kelas dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Azizstan Pattani Selatan Thailand”. Sidang Munaqosyah dilaksanakan secara online dengan aplikasi Zoom.

Ujian melalui platform daring zoom menjadi komitmen prodi PAI dalam pembelajaran Hybrid, karena belum lama ini prodi PAI 23 Mei 2024 telah mendapat penghargaan sebagai “Best Commitmen to Utilizing Educational Technology in the Islamic Religious Education Studies Program” dari asosiasi Perkumpulan Prodi PAI Indonesia saat melaksanakan kegiatan Annual International Conference Islamic Religious Education 2024 di Bengkulu.  

Selama pelaksanaan sidang, Najwa dapat dengan lancar menjawab berbagai pertanyaan para penguji. Momen ini sangat membahagiakan bagi Najwa bisa menyelesaikan studi dengan mengikuti munaqosyah. Adapun bertindak sebagai penguji Dra. Siti Asdiqoh, M.Si, Guntur Cahyono, M.Pd, Barid Syamsiyah, M.Pd dan didampingi pembimbing yaitu Marwanto, M.Pd. 

Skripsi Najwa membahas tentang strategi pengelolaan kelas dalam meningkatkan mutu pembelajaran Pendidikan agama Islam di Sekolah Azizstan Pattani dengan rumusan masalah yaitu; 1) bagaimana strategi pengelolaan kelas dalam meningkatkan mutu pembelajaran Pendidikan agama Islam di Sekolah Azizstan Pattani, 2) apa faktor penunjang dan penghambat strtegi pengelolaan kelas dalam meningkatkan mutu pembelajaran Pendidikan agama Islam di Sekolah Azizstan Pattani, 3) upaya-upaya apa yang dilakukan guru PAI dalam mengatasi hambatan strategi pengelolaan kelas dalam meningkatkan mutu pembelajaran Pendidikan agama Islam di Sekolah Azizstan Pattani.

Skripsi ini menggunakan penelitian kualitatif dengan hasil strategi pengelolaan kelas dalam meningkatkan mutu pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Azizstan Pattani dan terdapat peningkatkan mutu pembelajaran dengan strategi pengelolaan kelas yang dilakukan oleh guru Pendidikan agama Islam di Sekolah Azizstan Pattani. Hasil pembelajaran Pendidikan agama Islam peserta didik Sekolah Azizstan Pattani mendapat nilai di atas KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Pelaksanaan strategi pengelolaan kelas di Sekolah Azizstan Pattani menurut pengamatan peneliti dapat menciptakan suasana kelas yang cukup kondusif, Namun masih ada beberapa kendala yang membuat sulit khususnya bagi guru PAI. Mempertahankan situasi belajar dari awal sampai akhir pembelajaran bukanlah hal yang mudah dan ada beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh guru pendidikan agama Islam untuk menjaga kestabilan keadaan lingkungan kelas. tidak hanya kesiapan guru tetapi juga kesiapan peserta didik untuk menerima pelajaran apakah mereka siap atau tidak.

Najwa, mengungkapkan rasa bahagianya akhirnya bisa menyelesaikan studi di prodi PAI FTIK UIN Salatiga, karena setelah penyebaran virus covid diseluruh dunia belum bisa kembali ke Indonesia untuk proses menyelesaikan skripsi. Najwa sebagai mahasiswa yang menyelesaikan tingkat SMAnya di Sekolah Azizstan Pattani Selatan Thailand selama covid sampai dengan ujian munaqosyah kegiatan perkuliahan dan bimbingan dilaksanakan secara online.