Transformasi Pendidikan: Prodi PGMI Selenggarakan Seminar Nasional Pembelajaran Berdiferensiasi

 

Hari ini Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) UIN Salatiga menyelenggarakan seminar nasional dengan tema “Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi di Madrasah Ibtidaiyah. Acara berlangsung sejak Pukul 08.30 WIB dan berakhir pada Pukul 12.00 WIB. Bertindak sebagai narasumber tersebut adalah Bapak Rois Saefudi Zuhri, M.Pd. dan dipandu oleh moderator Ibu Ranindya Candra Kartika, S.Pd.I.

Raut semangat penuh antusias nampak dari raut wajah para peserta yang terdiri dari Kepala Sekolah/Madrasah dari berbagai wilayah Kabupaten Semarang dan Salatiga, juga para mahasiswa PGMI berbagai angkatan. Terlebih ketika Prof. Dr. Mansur, M.Pd. menyampaikan bahwa guru merupakan pekerjaan paling mulia sehingga pantas disebut sebagai ahli surga, dan penting bagi guru menerapkan pembelajaran berdiferensiasi untuk mengoptimalkan potensi peserta didik khususnya jenjang SD/MI. Menyambut hal tersebut, Ibu Dr. Peni Susapti, M.Si selaku Ketua Prodi PGMI berterima kasih kepada seluruh pihak yang telah membantu terwujudnya acara seminar nasional ini dan beliau menitip pesan untuk benar-benar fokus terhadap materi yang diberikan oleh narasumber, sehingga dapat dijadikan sebagai bekal mengajar.

Pentingnya pembelajaran berdiferensiasi adalah untuk mengakomodir tercapainya kompetensi abad-21 dengan mengoptimalkan potensi diri peserta didik. Ini penting sebagai upaya penguatan pendidikan bagi generasi Bangsa Indonesia untuk mewujudkan Program Indonesia Emas 2045. Narasumber menggaris bawahi beberapa hal penting yang perlu diperhatikan dalam mengimplementasikan pembelajaran berdiferensiasi, yaitu: tujuan pembelajaran yang didefinisikan secara jelas, tanggapan guru terhadap kebutuhan belajar siswa, lingkungan belajar yang mengundang siswa untuk belajar, manajemen kelas yang efektif, dan penilaian yang berkelanjutan.