Kamis, 22 Juni 2023
PGMI FTIK UIN Salatiga pada hari ini mengadakan kegiatan pelatihan kepada para dosen dan mahasiswa dalam menulis artikel ilmiah. Kegiatan pada sesi pagi ini dilaksanakan di ruang 207. Acara dipandu oleh Ibu Hesti Ariestina, M.Pd. sebagai MC sekaligus Moderator yang mengajak untuk mengawali doa dengan membaca basmalah bersama-sama. Kemudian seluruh hadirin menyanyikan lagu Indonesia Raya dengan khidmat. Ibu Peni Susapti, M.Si. menyampaikan laporan kegiatan pelatihan penulisan artikel berbasis jurnal ilmiah bahwa peserta yang mengikuti kegiatan ini terdiri dari dosen homebase PGMI berjumlah 10 orang dan mahasiswa PGMI yang berjumlah 60 orang. Hal tersebut ada tujuannya, yaitu ada sinergisitas antara dosen dan mahasiswa dalam berkolaborasi membuat artikel ilmiah. Bapak Ketua Jurusan Mufiq, M.Phil. menyampaikan dalam sambutannya bahwa kegiatan ini merupakan kegiatan yang baru bagi para mahasiswa PGMI. Mahasiswa masih cukup awam dengan pembuatan artikel ilmiah ini sehingga kami mohon pendampingan dari para narasumber. Sementara itu, kami apresiasi pada PGMI karena menjadi Prodi Guru Kelas yang paling aktif dalam membuat kegiatan dan semoga bisa dicontoh oleh Prodi-Prodi lainnya. Acara pembukaan dilanjutkan dengan pembacaan ayat suci Alquran dibawakan oleh mahasiswa PGMI Fatimatuz Zahro. Sementara Bapak Ithafur Rahman, M.Hum. membacakan doa untuk kelancaran kegiatan.
Kegiatan sesi pagi dipandu oleh Bapak Dr. Udi Utomo, M.Si. dan Bapak Abdul Rahman, M.Pd. dari Pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik dari Universitas Negeri Semarang dengan materi tips dan triks menulis artikel ilmiah berbasis jurnal ilmiah. Narasumber menyampaikan bahwa sangat penting sekali melakukan publikasi ilmiah bagi para akademisi dan praktisi itu. Luaran yang dibuat melalui penelitian juga dapat meningkatkan peringkat Perguruan Tinggi baik di level nasional maupun internasional. Banyak hal baru yang ditemui oleh mahasiswa PGMI disini. Salah satunya, narasumber memperkenalkan Open Knowledge Maps (https://openknowledgemaps.org/) dalam mencari visualisasi artikel-artikel ilmiah yang berjejaring berdasarkan kata kunci yang dimasukkan. Berbagai mesin penelusur database diperkenalkan karena setiap jurnal ilmiah mempersyaratkan jumlah khusus dalam referensi mereka. Beberapa mahasiswa menyampaikan pertanyaan mereka, salah satunya seperti tentang bagaimana teknik memparafrase tulisan kita agar terhindar dari plagiarisme.
Kegiatan dilanjutkan pada sesi siang hari dengan membagi peserta menjadi dua kelompok yang dipandu oleh kedua narasumber. Kelompok pertama di ruang laboratorium bahasa sementara kelompok kedua di ruang laboratorium komputer. Kedua ruang laboratorium tersebut sudah difasilitasi komputer teruntuk seluruh peserta pelatihan demi praktik yang akan dilaksanakan. Pada sesi ini, materi dibawakan melalui praktik langsung karena teknisnya berupa pendampingan penulisan artikel berbasis jurnal ilmiah. Para dosen dapat memperbaiki draft artikel ilmiah yang sudah disiapkan sebelumnya dengan komentar-komentar yang diberikan oleh narasumber. Sementara para mahasiswa mengubah skripsi yang sudah mereka siapkan sebelumnya menjadi format template artikel ilmiah. Namun begitu, para dosen homebase juga turut mendampingi para mahasiswa bimbingannya agar kegiatan pendampingan ini dapat bermakna juga pada mahasiswa yang notabene masih awam dalam membuat karya ilmiah dari skripsi mereka.